ISTILAH PARA MUA BLOGGER VLOGGER REVIEWER for Newbie!!!

by - 08.04

halo halo.
aku mau share info istilah istilah makeup di dunia medsos nih. atau mungkin ada yang suka baca, bingung beli, tapi ini maksudnya apa sih. pigmented, colour pay off, fall out.....lalala yeyeye artinya apa maksudnya apa bedanya apa sheen matte shimmer

yaaaay. aku gatau diluar blog ini ada posting tentang istilah2 ini.

so here they are!

1. pigmented : artinya warnanya nyata atau nggak, karena banyak yang keliatannya bagus, tapi pas ditaro di mata/dicoba di kulit warnanya hilang

2. Buttery : Artinya teksturnya empuk, lembut, dia powder, tapi agak seperti krim, dia gak bisa dikeprul, hahahaha jadi sangat pigmented (biasanya) dan enak rasanya begitu di apply ke mata.

3. Fall out : adalah eyeshadow yang butirannya jatuh ke pipi, bisa saat
 apply memakai brush, atau saat diblending, dan ini sangat mengganggu karena bisa bikin muka kamu cemong, apalagi kalo udah pake foundie.

4. Chalky : kalo ini seperti kapur, jadi teksturnya sangat ringan, mudah hilang

5. Crease : crease itu area dibawah tulang mata

6. Lid : Lid adalah kelopak mata

7. Outer lid : adalah area terluar kelopak mata

8. Colour Pay off : semacam perbandingan warna saat warna berada di palet dan warna yang muncul saat di apply, semakin tinggi colour pay off, brrti semakin bagus

9. Swatches : warna yang diapply keluar dari tempatnya, kalau eyeshadow, blush, bronzer biasanya ditangan, kalo lipstick ada juga yang dipakai. jadi kalo kamu kepo warna2nya, tinggal googling aja nama produk + swatches

10. Shade : bukan bayangan., tapi WARNANYA. jadi shade oren : warna oren yha gitu kira2

11. Dupe : dupe itu tiruan produk HIGHEND yang harganya warbyasah saya berdoa saya sanggup beli, yang niru ya produk2 drugstore yang harganya murahan dan terjangkau. dibilang tiruan bukan cuma warnanya, tertapi ketahanan dan juga teksturnya. kan harga berbicara, jadi ada kemungkinan dupe itu tdk sepenuhnya tiruan, tetap lebih baik yang asli, atau mungkin ada review2  yang  bilang oh dupe nya lebih bagus dan worthy daripada yang aslinya.

12. Highend : Produk merk kelas atas yang harganya kadang murah kadang bikin sakit hati. contoh : Anastasia Beverly Hills, Urban Decay, Kat Von D, MAC, NARS, BENEFIT, Marc Jacobs, Laura Mercier.

13. Drugstore : yang katanya bahasa indonesianya apotek, tapi di sana ada di mall mall gitu deh. harganya jauh dibawah high end dan seringkali meneyrupai high end tapi dengan harga yang lebih murah. contoh : NYX, ELF, Maybelline, Revlon, City Colout.

14. Cakey : adalah kondisi muka kamu bermakeup, foundie, dan atau bedak, dan berminyak, keringat, rasanya ga enak banget malah bikin muka kamu keliatan gak fresh, demek dan kucel

15. Matte : warna yang tidak ada glitternya. untuk natural look

16. Shimmer : ada glitter2nya, tapi nggak sebanyak glitter asli, jadi serbuk2 super kecil

17. Sheen : ada sekilas cahaya kalo dipake, tapi bukan shimmer.

18. satin finish : biaza untuk lipstick or foundie.. dimana kaya mengkilat2 soft kaya satin, tapi gak glowing tapi diantara matte sama glossy (kalo buat lipstick) provide healthy looking skin or lips

19. pektay : kondisi dimana warna muka sama tangan beda jauh (atau sama leher juga bisa) 

20. dewy : means a little bit of glow.. jadi ada kaya minyak, padahal bukan, menandakan kulit sehat juga.. tp utk kulit kering kaya aku, glownya jadi aneh karena saking keringnya. foundie yang ada tulisan dewy2nya suits dry skin better. 

21. greasy : perasaan ga enak kalo udah kelamaan makeupan atau overoily skin.. bahasa sundanya mah HINYAY.. 


sekarang.. 
jenis2 mekap... 

1. primer/base : seperti bahasa indonesia, primer artinya dahulu, utama kalo base indonya dasar.. jadi kalo mekap ini jadi dasar nya.. biar foundation lengket,and also perfecting the foundie itself.. jadi ada primer yg bikin glowing. ada primer yang bikin foundie lengkett poll.. ada yang NUTUP pori2.. ada yang color correcting kaya warna ijo utk merah2.. ungu utk kulit kusem.. bentuknya jg ada yg krim, gel(biasanya yg sifatnya pore filler), ada jg yg mousse (utk super oily skin) ada juga yang cair banget.. 

2. foundation : ya masa gatau foundation sih hari gini wkwkkwkw.. basa indonesiannya alas bedak.. dari mursidawati sampe yg maharani adaaaa.. bentuk & jenis macem2.. 

3. concealer : conceal in indonesia means : menutupi.. menyamarkan.. jadi utk nyamarkn bekas jerawat, kantong mata, ato ketidaksempurnaan lain kaya merah2 kek, kecodet kek..

4. blush on : tulisnya blush ya. bukan blass bukan blas (kalo udah baca ga boleh salah lagi!) hahaha. indonya.. pemulas pipi, yang pink2 di pipi.. 

5. eyebrow pomade : bingung ya? sebenernya ini versi gel nya pensil alis.. jd bentuknya di pot gitu, dicongkel2.. resiko kering nya sangat besar.. jd harus dibecekin lg pake aqua seal ato inglot duraline (inez jual inez jual) 

6. setting (bisa powder or spray) : kalo setting ini artinya utk bikin supaya si makeup diem.. gerak2 lagi udh fix weh pokonya.. biar tahan lama juga.. 

setting powder : bedaknya.. biasanya utk finishing.. ada mua yang pake bedak tabur ada jg yg pake bedak padat utk finishing.. in makeup, semua beda2 style, beda2 trick.. so there is no right or wrong kalo urusan sama hal2 begini.. beda sama yang udahh saklek.. kaya setting spray disemprot jangan dihirup (yaiyalah) 

setting spray : laku bamget ni pertanyaan ini, gara2 ku jualan setting spray nya mufe... ini paling terakhir banget.. tp ad beberapa jg yg also used as primer.. biar base yg punya fungsi lainnya kekhnci.. biar foundienya nempel.. 

7. bronzer / contour / shading : lately 3 istilah ini jadi mirip2. intinya buat bikin bayangan di muka, biar gak flat.. buat nirusin.. bronzer sendiri di usa biasanya glowing.. karena mereka mau keliatan kaya tanned gitu.. 

8. shimmer/highlight : still the same thing.. intinya buat menjolkan muka.. idung kah jd kliatan cling2.. kl contour utk bikin masuk ke dalem, kalo shimmer ato highlight utk aksentuasi muka.. bisa jg bikin glowing2 gimana gitu.. asal pakenya bener. 
ada cream ada powder.. tp kl jago suka diakalin pake eyeliner pensil putih ato something yg pensil2.. kaya jumbo eye pencilnya nyx yg milk ato champagne 

sekian dulu... 
akan diupdate begitu dapet inspirasi ya.
yang mau sumbang ilmu, komen dong :D

You May Also Like

1 komentar