Hemat uang ala INEZ - kali ini agak melenceng dari minimalism

by - 18.49

https://unsplash.com/photos/yw7mV9JeND4
Nah jadi ku mau kasih tips hemat uang, minimalism nya ya meminimalisir pengeluaran wkakaka cuman kalo konsep minimalisme sendiri kan usahakan GAK BELI. cuman aku pribadi masih susah buat bener2 gak beli. ini masih ada urge buat belanja meskipun sudah luar biasa ditahan.
tapi ya baby steps lah ya :( *alasan

jadi aku mau share beberapa tips yang aku himpun sendiri dan buat ku sih ini sangat membantu in so many wayyyysssss. cekidot!


1. Buy in bulk? Yes or no?

Kalo minimalism itu anti beli grosiran, atau nyetok karena jadinya nambah2in barang di rumah. Cuman kalo aku sih masih susah buat gak beli grosiran, karena banyak alesannya.
Misal : harga jadi lebih murah, nanggung nambah beli 1 tapi dapet cashback atau diskon yang signifikan dan (HARUS DIHITUNG2 YA) sangat menguntungkan.

Misal : ku beli minyak goreng di JD.ID harganua 20.000 aja 2liter. Kalo belanja 100rb, dapet diskon nya 20rb + free ongkir.

Ya mending gitu. Toh bakalan abis PASTI dan kepake?
Kalo minimalism biasa mereka anti banget beli in bulk atau grosiran kaya gini. Cuman kalo aku sih selama bener2 kepake dan faedah, dan barang habis pula. Aku gapapa stok. Karena kadang2 abisnya suka ga tau waktu yekannnn

DON'T :: beli 1 harga 10.000 beli 3 @8.000
diskon dapet 2rb tapi harus dapet 3. mending gausah beli 3. 1 aja dulu kalo barangnya lama abis kaya lakban, kertas HVS. kalo diskon 2rb sih masih gede ya. di swalayan diskon nya maksimal 600 perak. menurut ku sih gak worth, biarpun bakalan abis, tapi kalo abis dalam waktu lama dan ga tentu kapan abisnya, ngapain nyetok?

2. Buy the sale section

Ini berlaku kalo belanja di onlen yah. Kl di website2 suka ada tuh last piece stock atau sale category.
Itu harga bisa 20-80% biasanya kortingannya jadi bener2 jauhhhhh. dan ini biasanya udah harga korting langsung belom tambahan voucer, kalo nambah vocer bisa lebih murah la
Dan harus rajin nyari2 sebenernya. Aku langganan beli di sale section ini, dan iritnya banget2. Malah kmrn2 sempet hoki dapet baju yg aku mau bangeet. Yang harusnya hrg 1 baju, di sale itu bs dapet 2 baju tinggal nambah dikiiiit...

contohnya di madakeyla.com ini
bisa liat ya harganya jauhh. kalo hoki
but remember, you won't see any new arrival product in this section hahaha dan namanya juga sale, ga bisa sesuai sama yang kita mau. tapii aku udah sering banget iseng liat dan ternyata dapet yang emang pas sama aku dan diskonnya sampe 60% ga pake embel2 ya langsung beli. harus gercep juga.

jadi kuncinya adalah : rajin2 search, hampir semua website ada sale section ini, dan kadang2 nih di toko a produk yg kita mau gak ada, eh di toko b, malah dpt yang lebih bagus dan jangan lupa cek promo di homepage, suka ada voucher ituuuu


3. Compare

Org2 rata2 males compare karena waktu, mager dll.
Kalo aku sih tipikal yg doyan research dlu baru beli. Apalagi barang mahal diatas 500rb (yes, buatku yg pendapatan bulanannya msh dibawah umr harga 500rb udh gede itugannya)
Compare merk, spesifikasi dll.
Berlaku juga buat baju. Skrng baju2 tuh rata2 produksi tanah abang yg di markup jauh banget. Model pun kadang sama tapi harga beda nya bisa jauh.

Ini contoh aja di 1 olshop aku nemu blazer plaid yang lg hits, atau roxy set gt namanya harganya 300rb 1 set celana dan blazer

Ku cari di shopee bendanya sama persis. Harganya 150rb. Kamu bisa cek sendiri hehe aku sdh cek bahannya ternyata samaa euy.

Tapi ga menutup kemungkinan model doang yg sama tapi kualitas beda sih.. Aku nemuin jg beda di bahan tapi harga dan kualitas stlh ditimbang2 emang bagus yang mahal dan size pun lebih cocok.
Itu preferensi sih. Kalo di minimalism, beli yang emang berkualitas gak cmn bagus aja tp bener2 nyaman dipakai.

Balik lagi, kalo nyaman dipakai, model sama, dan harga lebih murah? Ya pasti mlih ini lah.
Tapi kan bisa tau kalo udah research dulu. Nah!

4. Buy secondhand

Beli barang seken udah bukan hal tabu yang bikin kita seakan2 turun derajat or whatever. Apakabar gedebage tuh aku dapet kaos uniqlo ori 10rb wakakakak

Emang effort lebih, you harus ke pasar, panas becek2an, lalu harus dicuci pake aer panas dulu, menghilangkan jejak2 pemilik lama.. Baru brani pake.

Tapi teknologi memudahkan kita dengan adanya ecommerce preloved items atau account2 instagram yang jual barang bekas tapi dimodif jadi either vintage atau beneran unik. Dan pemilik nya biasanya ya pemakai juga jadi gausah kaya belanja di pasar.. Cuci biasa aja wkwkkw

Contohnya ada apps prelo, carousel. Kalo acc ig ada banyak banget sihhhh. Dari yg personal sampe yang bener2 jualan brg seken (ngumpulin dr tmn2nya) harga yg murah sobat misqueen dan juga ada yg branded macam gucci, Louboutin, manolo, chanel, bahkan supreme.

Harganya bisa 30-90% dan harus jeli liat cacatnya yaa.. Rata2 orang juga jual gara2 bosen atau ga muat sih.. Dan aku sering banget dpt preloved2 cetar kaya blouse this is april aku pernah ada beli 45rban ahahhaha masih kaya baru,. pemakaian normal lah, ga ada noda atau cacat apapun. lumayan kan?

Ohya, yg dijual bkn cmn baju. Tapi ya apapun sih. Dari fashion, hobi, koper, boneka, apapun deh!

5. unsubscribe/unfollow

ini tips yang aku dapet dari youtube THEPICKUPLIMES dia bilang unsubscribe dari kanal yutub yang doyan bikin HAUL (haul itu kaya pamerin belanjaan dia dan direview singkat gitu kenapa beli harga berapa beli dimana) ini sering banget makeup, skincare dan baju sih. kenapa harus unsubscribe? karena nontonin haul gini bakalan cuman bikin kita ga pernah cukup karena ada yang baru terus dan bikin kita lupa sejenak sama yang selama ini ada. menurut ku juga gak sehat sih karena yutuber2 suka klikbet dan bikin kita ngerasa makin hina, misal : ABISIN 10JUTA DALAM 1 HARI DI SEPHORA!!? 
jeez, anti banget aku klik video kaya gitu... kalo aku punya 10 juta ga akan aku abisin dalam 1 hari di sephora juga. jadi menimbulkan perasaan gak sehat buat aku hmmm

kalo unfollow, ini di instagram. mungkin follow beberapa boleh tapi jangan terlalu banyak. untuk fashion misalnya follow 2-3 selebgram yang niche nya fashion buat inspirasi kita. carilah selebgram yang emang selera fashionnya kurleb sama kek kita dan bentuk badannya juga gak terlalu jauh, supaya gak salah gaya wkwkwkwk
aku sih gak follow beauty guru. kalo mau belajar makeup, mending sekalian follow makeup artist, mereka mah jelas kasih teknik bukan produk ajaa (tapi ini beda2 sih, karena aku juga makeup artist jadi ga butuh coba2 karena udah ada barang yang ku jadiin pegangan)

6. cash atau cashless
ini ku balikin lagi ke kalian sih, baiknya kalian emang pegang cash atau mending cashless? karena ada temenku yang kalo pegang cash abis mulu, ada juga yang manusia macam aku, cash awet tapi rekening kosong terus karena apa2 semua pake emoney,
bayar listrik di JDID pake gopay atau di tokped pake ovo, belanja tinggal transfer. ya bahaya lah makanya mending cash kalo aku.
jadi yang ini sesuaikan lagi dengan kalian ya.

7. cobalah tabung di p2p lending (mengandung riba)
kalo aku sekarang coba nabung di AKSELERAN atau di KOINWORKS, basically sih mereka ini platform yang menyambungan peminjam dengan pemberi pinjaman dengan bunga. jadi itung2 investasi.

buat yang lagi cari kode refferal AKSELERAN : AKSLINEZ97161
kode refferal koinworks : 56832

ini mereka sudah terdaftar OJK jadi udah resmi, tapi namanya investasi ada resiko, cuman aku sih merasa investasi ini paling menguntungkan secara nominal dan juga kita bisa atur misal cuman mau 1 2 3 bahkan sampe 24 bulan (misal uang yang gede dan didiemin aja tapi tetep menghasilkan.
dibanding reksadana sih ini jauh lebih besar ya,dan pinter2 diversifikasi aja jadi tetep aman duitnya.
buat aku yang ga bisa naro duit di ATM sih ini sangat menenangkan ya, tiap bulan jadi rajin dan waktunya juga aku bikin supaya tiap bulan ada yang bisa tetep ditarik, kalo abis bulan aman ya duitnya mending puter lagi dehhhhhhh.

8. rajin cek promo

kalo bayar tagihan apapun atau sebelom belanja, selalu cek promo ya sebelum bayar. kalo kita tau dan ketinggalan, nyesekkkkk.
setiap ecommerce atau emoney pasti ada promo2 nya, biasanya ada grup2 yang suka kasih info promo di facebook, telegram atau instagram, jadi kita bisa tahan2 belanja only pas promo. ini sangat menguntungkan lho~~~~~~

tapi ya gitu rata2 orang males dan ngerasa gak punya waktu sih. jadi kadang2 langsung bayar aja.....

YAK! segitu dulu tips yang sudah aku renungkan dan himpun buat hemat, dan nyimpen duit supaya kita sama2 pensiun menjadi sobat misqueen. semoga bermanfaat ya!!
soon aku update kalo nemu yg heboh hihihii

You May Also Like

0 komentar