Casual Talk about Self Love By Duraskin Indonesia

by - 21.03


Hae gaes, jadi kemarin, Duraskin ngadain acara namanya Casual Talk about Self Love di Jalan Kaji, tempat treatmentnya Duraskin. Acara ini kaya perayaan 20 tahun Duraskin di Indonesia, jadi udah dari tahun 1999. Jadi Duraskin tuh semacam pusat perawatan kecantikan dengan basis teknologi dari Amerika yang lokasinya tersebar di beberapa kota besar di Indo. Dia ada perawatan, sama jualan produk kecantikan juga. Tujuan casual talk ini biar perempuan Indonesia tuh pede dan nyaman sama dirinya, inline kan sama konsep duraskin yang bikin kulit bersih dan segar.

nah ada penjelasan sedikit tentang nyaman dengan diri sendiri
Mencintai diri sendiri sering terlihat sebagai narasi sederhana dan mudah, namun sulit untuk dilakukan. Banyak dari perempuan yang bertumbuh dengan kritik dan cemoohan dari orang terdekat. “Kok gendut sih?”, “Kok kulitmu gelap amat?”, “Rambutmu tuh coba deh diapain kek, kusem amat.”, “Dih, galak. Siapa yang mau sama perempuan galak?” dan kalimat-kalimat sejenis. Hal ini menumbuhkan rasa kurang percaya diri, menyalahkan diri sendiri, minder, bahkan menganggap diri tidak berharga.
Pada akhirnya, perasaan ini menumbuhkan rasa tidak bahagia. Sulit untuk menjadi bahagia ketika seorang perempuan tidak mencintai dan menghargai dirinya sendiri. Maka, yang sering terjadi adalah mereka melimpahkan tanggung jawab untuk membahagiakan diri mereka kepada orang lain. Entah keluarga, pasangan, atau teman. Yang jelas, kebahagiaan mereka berasal dari orang lain, bukan dalam diri sendiri.
Padahal jika perempuan tidak menyukai keadaan dirinya, ada dua hal yang bisa dilakukan: menerima dengan sadar, atau mengubahnya menjadi lebih baik. Jika merasa badan gemuk mengurangi rasa pede, maka ada dua pilihan untuk merasa lebih baik dengan hal ini; menonjolkan kelebihan diri yang lain sehingga perkara badan gendut ini tidak lagi penting, atau berusaha untuk mengubah bentuk tubuh sehingga dia menyukai apa yang dia lihat di cermin. Merutuki keadaan tubuh dan menjadikannya alasan untuk minder, sama sekali tidak masuk ke dalam pilihan.
Hal ini berlaku untuk ‘kekurangan-kekurangan’ lain yang dirasakan. Duraskin menyadari permasalahan ini sejak lama. Maka dari itu, semangat untuk membantu para perempuan untuk merasa lebih baik atas dirinya menjadikan Duraskin tegak berdiri hingga saat ini. Dengan perawatan kulit yang tepat, kecantikan alami akan terpancar, tanpa perlu terlalu banyak polesan untuk menutup kekurangan.
Sehingga pada akhirnya, pilihan menggunakan makeup bukan lagi untuk menutupi kekurangan. Makeup merupakan pilihan karena memang suka dan nyaman menggunakan makeup, serta untuk menyalurkan hobi ‘melukis wajah’ sedemikian rupa. Namun pada saat tanpa makeup pun, seorang perempuan akan tetap nyaman dengan dirinya. Dalam keadaan apapun, dia akan merasa nyaman dan aman, karena memiliki pondasi yang kuat: kulit cerah terawat.
Kekurangan seorang perempuan mungkin terjadi di luar kuasanya. Namun seluruh kendali dalam menyikapi kekurangan itu dan memupuk rasa cinta pada diri sendiri, adalah miliknya.

CETARRRRRRRRR



Talkshownya sama bu Henny Wirawan yang adalah seorang psikolog..ihiy

Yang menarik, dalam salah satu perbincangan saya dengan bu Henny, beliau menyampaikan bahwa kebanyakan dari kita gagal mencintai diri sendiri adalah dikarenakan oleh lingkungan terdekat. kesadaran ini penting bgt sih, aku yaking masih banyak wanita di luar sana yang belum mencintai dirinya sendiri, termasuk aku masih on journey, dengan masa lalu kuh yang punya anxiety disorder dll, jadi penting bgt self love itu, dan belom banyak yang aware tentang self love ya..........


Aku kasih ringkasan tentang talk show nya ya.. cekidot

Self Love adalah sesuatu yang seharusnya kita miliki, namun cenderung sulit untuk membangunnya. Kenapa? Karena banyak dari kita para wanita, tumbuh dengan berbagai kritikan dari anggota keluarga dan lingkungan terdekat.
Banyak dari kita yang tumbuh dengan lebih banyak kritikan daripada pujian tentang diri kita. ‘Kamu kok gendut?’, ‘Kamu kok hitam?’, ‘Gigi kamu kok nggak rapih?’, ‘Jangan makan mulu deh, nanti kamu gendut, nggak ada yang mau’.
Hal-hal seperti itu, jika terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang lama, pasti akan tertanam di benak kita. Terutama jika yang menyampaikan hal tersebut adalah ibu, atau orang yang dituakan dalam keluarga. Kita akan merasa selalu kurang ini dan itu, dan tidak berharga. Kita cenderung akan menyimpan kritikan itu daripada pujian yang datang dari orang lain.
Makan kita tumbuh sebagai seseorang yang selalu merasa diri ini ada saja kurangnya. Kadang bahkan merasa tidak berharga. Tanpa adanya rasa harga diri yang baik, hal ini akan memengaruhi interaksi sosial kita.
Dalam hubungan percintaan, seseorang dengan harga diri yang rendah akan cenderung mencintai lebih banyak. Mereka mencintai orang lain jauh lebih baik daripada mencintai diri sendiri. Sehingga mereka cenderung mengabaikan rasa sakit dari toxic relationship. Mereka akan merasa mencintai dengan sebegitunya akan membuat mereka dicintai balik. Merasa tidak banyak pilihan, dan merasa insecure setelahnya. Yang mana insecure itu semakin menggerus self esteem dari orang tersebut.
Dalam hubungan pertemanan, orang-orang seperti ini cenderung akan menjadi seseorang yang super duper baik. Dalam beberapa kasus, mereka akan menjadi orang yang selalu ada untuk siapapun yang membutuhkan bantuan mereka. Bahkan mereka tidak keberatan untuk mengorbankan kepentingan mereka sendiri. Mereka merasa hidup mereka berguna dengan membantu orang lain, dan merasa sebaliknya jika mereka berkata tidak. Beberapa yang ekstrim, mereka akan mengalami depresi karena kelelahan dengan siklus ini.
Dalam hal pekerjaan, rendahnya harga diri akan membuat seseorang merasa insecure dengan pekerjaannya. Merasa tidak bisa melakukan sesuatu dengan maksimal, banyak mengeluh, dan cenderung menjadi toxic di tim kerjanya karena perasaan insecure itu justru membuat tim mereka tidak nyaman.
Rendahnya self love sangat berpengaruh dalam setiap relasi seseorang dalam segala aspek. Dan jika dibiarkan, hal ini bisa menjadi semakin parah dan menimbulkan depresi.
Menumbuhkan self love, bisa dimulai dengan kesadaran tentang kelebihan dan kekurangan diri. Jangan malu untuk membuat list kelebihan diri sendiri, sedetail mungkin. Tuliskan semua hal baik tentang diri sendiri, dan berterima kasihlah kepada diri sendiri untuk semua kelebihan itu.
Sedangkan untuk kekurangan, hal ini juga perlu disadari. Apakah kekurangan ini bisa diperbaiki? Atau harus diterima? Jika kekurangan tersebut adalah hal yang memang sudah ada sejak lahir, maka kita harus menerimanya dan dikompensasi dengan kelebihan lain yang membuat kita percaya diri. Jika kekurangan tersebut bisa diubah, dan dengan mengubahnya bisa menumbuhkan rasa percaya diri, maka lakukan perubahan. Lakukan dengan sungguh-sungguh hingga kita mendapatkan hasil yang diinginkan.
Bagaimana jika tidak bisa berdamai dengan kekurangan diri? Pergilah ke professional. Minta pertolongan. Tidak semua orang yang pergi ke psikolog/psikiater adalah orang gila. Setiap manusia memiliki masalah masing-masing yang mungkin hanya bisa diperbaiki dengan berkonsultasi dengan professional yang memiliki ilmu di bidangnya.
Minimnya self love tidak bisa disepelekan karena hal ini berdampak besar baik untuk jangka pendek maupun jangka Panjang. Dengan tumbuhnya self love, maka kita akan menjadi seseorang yang lebih bahagia. Lebih menghargai diri sendiri. Hal ini akan mempengaruhi keputusan-keputusan yang diambil dalam hidup. Hal ini juga membuat orang lain melihat kita sebagai sosok yang lebih menarik, baik untuk didekati maupun menjadi teman.
Self love akan memberikan keajaiban dalam hidup kita. Membawa dampak yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya dalam hidup kita. Dengan berpikir positif tentang diri sendiri, maka energi kita menjadi positif, dan kita akan menarik hal-hal positif dalam hidup ini.




CETARRRRRRRRRR lagi.

aku mau bilang, makasih banget buat Duraskin, peduli sama hal2 kaya gini dan buat ku yang punya riwayat mental illness, ada yang aware, dan punya komunitas nih pentinggg sekali.

4 thumbs up buat Duraskin!

btw yang mau treatment2, ada di Jalan Kaji no 36 Jakarta Pusat. kalo dateng dan blg, mbak saya pake referall Duraskin/Inez niscaya akan mendapatkan 30% diskon, lumayan bgtgak sih wkwkwkkw

soon aku update treatment disana yah! ciao

You May Also Like

0 komentar