my love hate relationship with KRL

by - 05.25

ohai. lama banget banget bannget ga ngeblogging. tadi tiba2 dapet insight mau nulis apa di kereta makanya mau nulis ttg KRL. karena aku dah jadi anker dari 2016 dan bener2 kemana2 naek kereta, jadi mayan tau banyak lah tentang perkerta apian.

jadi ada tips & trik buat yang baru pernah naek KRL.

1. install aplikasi info KRL atau KRL access. Info krl penting banget buat kita tau kereta selanjutnya, jadi misalkan kereta nya berurutan dengan tujuan yang sama atau ngelewatin, percayalah kereta belakangnya pasti lebih lowong dibanding kereta pertama, dan bedanya juga ga gitu jauh kan?
kalo KRL access buat kita tau mau jam berapa sampe mana, berarti naek kereta jam berapa, ada jadwalnya gitu, bisa juga nyesuain jadwal buat yang harus transit dan keretanya ga sesering kereta loop line/central line

2. duduk di tengah2. LAH KOK ANEH? iya, di tengah2 tuh mengurangi kemungkinan disuruh bediri karena biasanya yang harus merelakan kursinya kalo ada yang lebih butuh itu yang di pinggir, apalagi kalo penuh, jadi yang di pinggir kan lebih mudah dijangkau. tapi ttep utamakan yang lebih membutuhkan dari kita yhaaaaa.

3. bediri di sebelah pintu, jgn di paling ujung tapi di tengah2. kenapa? kalo lagi penuh banget, kegencetnya ga terlalu parah, dibanding ama yang di depan pintu.

4. jangan tidur kalo naro barang berharga di bagasi atas. terlalu bahaya dan kita biasanya maen hape dan barang diatas dijamin kita bakal lengah. dan modusnya itu rata2 nuker tas dia jadi tas kita, kaya pake tas2 mainstream kaya jansport, eiger, export, terus dituker...
terus harus gimana? aku sih prefer dipangku aja kalo ada laptop, kalo ga aku kempit di kaki (ini ribet, tapi lebih aman aja rasanya) atau mata ga lepas dari bagasi.

5. kalo lagi rush hour jangan heran kalo ada yang tiba2 ndorong, karena dia mau keluar dan kamu di jalan dia. sama juga kalo kamu mau turun, 1 stasiun sebelomnya udah harus pelan2 ngarah ke pintu biar turunnya gak susah. seringkali (biasanya ibu2) yang kekeuh ada di depan pintu, tapi ga mau turun, jadinya dia bertahan sambil di dorong, yang gini nih biasanya kena omel 1 kereta karena dia ngalangin jalan bngttttt, orang kalo naek ato turun tuh beringas banget, jgn kan rush hour, kalo lg jam sepi tapi penumpangnya rda banyak dikit aja kadang suka barbar sikut2an.

6. Tas ransel taro depan. kenapa? selain mencegah kemalingan, kalo kita punya tas ditaro di belakang, biasanya ganggu orang yang kena sama tas kita itu, kalo kita taro di depan kan kena punggung orang yang di depan kita, serring kali sakit loh ransel itu, kalo kena punggung lebih ga sakit.


kayanya segitu dulu, kalo dapet pencerahan lgi nanti aku tambahin.

sekarang, posisi pintu keluar/tap out. jadi tiap stasiun tuh pintunya di beda2in supaya nyebar.
misal aku dari bogor, pintu ada di selatan, tapi kalo ke pondok cina, pintu ada di utara, harus jalan ampe ke ujung kereta 1 lg biar deket ama tap out, sama kaya dari jakarta kota ke bogor, pa ujung2 kan tuh, ajdi kudu jalan. buat yang buru2 atau orang ngantor ya kalo gatau pintu kadang jadi ga efektif banget.

ini ada beberapa pintu yang aku inget, kadang ada beberapa stasiun yang punya 2 pintu keluar kaya sudirman.

nah, aku pengguna rutin bogor-kalibata sih tapi akan kucoba inget2 stasiun lain ya.

posisi pintu bogor : Selatan (paling depan arah bogor)
bojong gede: Selatan, idealnya di pintu 3 gerbong cewe, atau di gerbong 2, bener2 langsung depan pintu
depok : pintu selatan belakang
depok baru, ada di tengah2
pocin : di utara, paling depan arah jakarta
UI : di selatan

khusus UP lenteng tanjung barat, pasar minggu baru, ati2 yah keluarnya, ada arah depok, ada arah jakarta, make sure lagi ke satpam mau kemana, pick up point ojolnya juga beda, kalo salah, muternya jauhhhhhhhhhhhh
UP : Utara
Lenteng agung : selatan
Tanjung barat : Utara
Pasar minggu : selatan
pasar minggu baru : Utara
Duren kalibata : Selatan
Cawang : Selatan (ini ada pintu bawah ada pintu atas, ati2 juga, aku sih lebi seneng pintu bawah, kalo mau keatas jadi gampang, pitnu atas arah kejaktim, ke bawah bisa ke kuningan, tebet dalem)
Tebet : Utara

Manggarai : Ini banyak pintu keluar kalo ga salah, aku lupa seringnya transit disini.

Sudirman : Utara dan tengah
Karet : Utara
Tanah abang : ada tengah dan belakang
Duri : Lupa
Angke : KALO GA SALAH DI UTARA
Setelah angke aku bener2 ga inget sama sekali

arah jakot, mostly di tengah2 kaya cikini, gondangdia, juanda karena ada pilihan mau ke utara apa selatan. selanjutnya aku ga pernah turun.

jakot jelas di utara.

random sikit :
stasiun buaran : ada di utara arah bekasi
stasiun kebayoran : ada di ujung arah tanah abang
stasiun palmerah : ada di tengah kalo ga salah

kalo ga yakin, ambil di tengah2 aja, dan juga biasanya di tengah2 tuh lebih sepi hehehehe

lebih rame arah selatan, karena check point arah bogor itu

di kalibata, pasar minggu, lenteng, depok dan bojong yang semuanya pintu selatan, orang males juga kali jalan yah wkwkkwwk

sekedar info, WC di stasiun buaran begus banget :(((((((( *ga penting

apalagi yah yang perlu dibahas, nanti aku update deh kalo ada insight.
moga membantoe ya
ciao

You May Also Like

0 komentar