tips buat yang mau belajar makeup tapi gak nguras kantong

by - 01.45



banyak yang tanya ke aku : nez, buat yang baru mulai makeup perlu nya apa aja sih? nez, duit gue pas-pasan nih, jadi yang paling dibutuhin apa aja? nez, kalo yang cocok utk kulit gue apa ya? nez, mau yang murah tapi bagus, beli merk apa ya?

pada dasarnya, semua juga proses, makeup aku segudang juga kan gak dalam 1 waktu beli langsung sekian juta juta. tapi satu satu, dicicil. setiap barang yang dibeli surveynya minimal seminggu, cuman produk2 tertentu yang aku dapet rekomendasi terpercaya dan aku langsung beli. nah disini aku mau share pengalaman aku sebagai kang dagang mekap, jadi pertanyaan2 itu bakal aku jawab disini.

1. makeup kit buat yang baru belajar
kalo basic banget, buat everyday use & mau ke pesta sekali2 butuhnya gak banyak, inget juga kalo emang buat sendiri berarti harus cari yang bener2 cocok dengan kulit kamu dong. jadi kamu WAJIB BANGET kenalin tentang kulit, warna & kebutuhan kamu yang sesunggugnya tuh apa.

tapi sih basic nya untuk everyday makeup yang menurut aku wajib punya itu
1. BB/CC/DD cream untuk base, dan 1(CUKUP 1 aja) foundation untuk acara2 yang butuh coverage lebih banyak kaya kondangan temen yang dari pagi mpe sore, ketempat2 fancy seharian full yang require kita buat tetep ON & gak hinyay. BB/CC/DD cream sepengalaman aku sih kan sheer banget ya, gak cover, tapi cukup bikin kamu keliatan kinclong. lagian kalo cover banget seharian juga kan buat apa, yang ada ngerusak muka & keliatan FAKE, orang pasti nyangka nya menor. nah si BB CC DD cream ini gak buildable coveragenya. maksudnya, kalo kita pake 2 layer itu yang ada makin putih, tapi noda2 tetep bakal keliatan. usahain yang ada SPF UVA UVB minimal 35 & PA+ ya.
rekomendasi aku : WARDAH, PIXY. aku sih pake dd  cream wardah & so far so good.
pengalaman aku pake merk garnier & Etude itu jerawatan abisssss.
2. eyeliner waterproof. untuk semua eyeliner, waterproof itu wajib banget. apalagi kita tinggal di negara yang tropis. rata2 orang pasti kelopak matanya bakalan keringetan.
rekomendasi aku : LT PRO (both liquid &pencil are good), Make over yang pencil (udah coba di bawah mata pun dia gak beleber. spidol aku pake MIZZU & wardah.
3. bedak. ini sih sebenernya preference masing2 aja. ada yang butuh bedak lagi abis pake base, ada juga yang bedak ajah ga pake base. tapi kalo aku pake bedak aja kurang nampol ya karena kulit aku kering, pasti dia cepet ilang. laen yang oily, dia pasti nempel deh. tapi cari yang translucent alias transparan ya kalo emang mau pake base+bedak. karena fungsi bedak itu untuk set base kamu, bukan untuk nambah warna &jadinya makin dempul.
i'm using : Silky girl loose powder, dia smooth & alusss banget butirannya. dan rimmel stay matte (tapi some friends say this baby cause break out on their face..hmm)
4. alisan. nahhhh alis sekarang jadi wajib banget kan? buat yang baru belajar, sebenernya paling enak sih alis dicukur, apalagi untuk yang gak adaan alisnya kaya aku :( kalo yang udah tebel sih ga perlu banget, yang ada kaya sincan. pensil alis yang ngetren dan itungannya murah itu ada VIVA & Fanbo. tapi aku so far pake just miss ok ok aja. tapi pake juga Face shop designing eyebrow yang GREY BROWN (Super natural, tapi beware dia di build up dikit langsung tebel gitu..harus pelan2 banget)
5. mascara (optional) kalo untuk yang bulu matanya udah nyengklik dan lebat, pake mascara pasti keliatan bikin beda. ga perlu pake eyeliner juga udah beda. laen halnya kaya aku. aku ga pernah pake mascara, bahkan kalo misal pake bulu mata palsu pun ga butuh itu maskara. ya gak keliatan juga karena bulu mata aku super tipis & lurus, jadi mau maskara kaya apa juga gak berguna. hahahaha
no reccomendation, ga pernah pake mascara. tapi orang2 bilang bagusnya better than S*x nya toofaced, maybelline juga ok.
6. eyeshadow sehari2 dan cocok semua warna kulit orang indo itu
1. Gold
2. Coklat tua matte
3. warna putih tulang untuk highlight (kalo bisa shimmer)
4. hitam matte (untuk kondangan)
palet2 yang warna netral kaya barely exposed city color, wet n wild comfort zone itu udah include & i'm pretty sure they suit almost Indonesian's skin color. jangan buang2 uang buat eyeshadow yang glittery, warnanya lucu2. tapi ujungnya gak kepake toh? dan untuk everyday use, ga akan ada jaminan dipake tiap hari. cukup 1 aja pasti aweeeet banget deh.
tapi make sure semuanya PIGMENTED alias nyata. kalo gak pigmented, nambah PEER lagi buat beli eye primer 1.
my reccomendations : semua dibawah 100k : city color barely exposed 1, viva, wet n wild comfort zone. 22nya buttery &pigmented. kamu gak butuh brush buat apply & blendnya. gampang banget!
7. lipstik. usahain punya 2 jenis lipstik ya yang liquid & stik biasa. kenapa? yang stik biasa ini double fungsinya, bisa jadi cream blush. itulah makeup. apapun bisa dipake. even eyeliner bisa jadi alisan, asal bisa blend nya. highliter bs jadi eyeshadow, begitu sebaliknya. dan cream blush cenderung lebih awet dibanding powder blush.
my reccomendations:
liquid : silky girl. LT PRO, jordana, the balm (kalo aku sih kadang suka kadang ngga, tapi hampir semua orang bilang cocok & enakeun)
stick : Purbasari daily series, fanbo, just miss, dan moodmatcher (semuanya enteng banget di bibir dan cenderung tahan lama, tapi untuk mood matcher ga bisa jadi cream blush)

8. highlight: ambil aja dari eyeshadow


itu rekomendasi aku kalo yang mau super basic makeup. inget yaaa, yang bagus belum tentu mahal, yang mahal belum tentu bagus. tapi yang murah bisa jadi bagus tapi bisa jadi juga sesuai harga. pinter2 aja cari review & rekomendasi temen (alias cobain 1 1punya tmen he)

nah. untuk yang pengen FULL makeup tapi low budjet, plus kalo beli online kan belum tentu cocok ya? aku ada beberapa tips nih buat kamu kamu yang aku udah lakuin juga & thankfully it really works on me!

1. test drive punya temen. ini sering banget kan dilakuin. jadi bisa bener2 tau formula nya & warna nya cocok apa ngga (biasanya sih, kalo bukan makeup collector kaya aku, orang belinya yang paling hits2 aja, kaya wardah lip matte no 8 9 12, purbasari matte no 89, pixy yang chic rose. yang nude2 natural gitu. tapi, inget kalo coba punya temen, warna itu jadi nilai tambah aja, yang harus diperhatiin lebih itu formulanya.

2. buy share in jar. nah ini yang aku sering lakuin baik jual atau beli. kalo mau test warna foundation itu super duper tricky karena warna d foto, warna di tangan orang, warna d muka kita bisa beda karena berbagai hal. that's why, share in jar itu lumayan berguna. misal harga produk full 100rb, kita beli 5ml 35rb, nah 100rb itu lumayan kan bisa dapet 3 warna beda2, yang bisa di mix juga supaya bener2 dapetin tone kita. yegak?:)

3. buy preloved. 2017 udah stop deh gengsi2 pake barang preloved alias second, kenapa? ya barang2 preloved bisa bener2 nguntungin kita kok, forum juga banyak. tapiiiii prelovednya apa dulu. kalo aku beli preloved cuma yang ditube kaya foundation, base makeup, concealer, primer. untuk barang powder aku ga berani, dan pernah beberapa kali beli lipstick yang cuman swatch2 aja jadi like new. tapi sebelumnya di semprot alkohol dulu biar steril.
intinya pake yang ga kesentuh bekas orangnya dlu kalo bisa... kalo bisa.... 
4. buy the deluxe/travel/sample size. sample size harganya cuma 15-60rb tergantung brand (ini sebenernya PASTI GRATIS dari brand nya, tapi yaaaaaaa lumayan kan nambah dikit2) kalo seller baik juga pasti dikasih gratis pas beli banyak hehe. the thing is, sample size gatau expired kapan. jadi usahakan tanya dulu ke seller, kpan dia beli produknya.
deluxe/travel size. deluxe size biasanya 40-50% jumlahnya dari full size. tapi harganya variasi banget. kaya aku beli toofaced shadow insurance harganya 100.000 5g, tapi fullsizenya 200 ++, lebih murah kan? biasanya ini pecahan set yang dijual lebih mahal jadi seller untung gede pastinya atau bisa juga dapet gratisan. kalo eyeprimer biasanya dapet kalo beli eyeshadow highend kaya Urban Decay, Toofaced, Lorac. dengan begitu, kita pun gak usah keluarin duit banyak2 untuk beli produk highend, kalo pake sendiri pun abisnya PASTI LAMA. apalagi yang powder2 kaya blush, bronzer. kalo eyeshadow sih ga ada yang travel yaah. dan keep in mind karena diambil dari set, seringkali ga ada BOX.
5. find the DUPE. Dupe kayanya sih artinya duplicate ya, coba buka ig @dupethat nah dia kasih swatch lipstik/ foundation yang secara warna 11 12 dengan versi mahal nya. untuk produk kaya primer, foundation, biasanya di youtube banyak & lebih di bahas formulanya sih... simplenya sih kaya merk wet n wild megalast lipstick (40-60rb) itu hampir semua dupe nya MAC lipstick. banyak banget yang mirip. yang lumayan banyak juga Loreal, maybelline. drugstore2 gitu deh. untuk kaya foundation itu yang katanya setara kualitasnya sama merk2 muahal itu la girl pro HD coverage illuminating foundation(kalo ga salah), Loreal Infallible, Loreal True Match. eye primer yang cucok itu ada wet n wild, milani. face primer jg sama, dipegang wet n wild, milani, City color.

begitu deh saranku. tapi jangan lupa yaaaa untuk kenalin lagi kulit kita karena percuma beli2 tapi zonk semua.
hope this helps.


masih mengutip kata dean, "the magic is in your hand, not the brand" 

ada yang pede banget beli produk highend (ye gapapa si secara dutanya jg banyak) tapi ga bisa pakenya, hasilnya ga beda jauh sama yang merk 40rban. ya buat apa? sok iye merk canggih2 tapi knowledge nya 0. sayaaang kalo gitu. 

cheers, Inez.

You May Also Like

2 komentar