Cerita minimalis - STOP beli barang2 ini!

by - 05.14

Photo by John Matychuk

masih lanjut tentang minimalis, setelah mempelajari lebih lanjut tentang minimalis, aku pun mulai bikin kategorisasi barang2 yang aku perlu, ga perlu, suka, ga suka, dan mulai mempertimbangkan apa apa aja barang yang aku suka beli tapi sebenernya gak butuh-butuh amat, yang ada jadi shampahhhhh~

sulit sih dengan lingkungan yang memadai (mbanking, dah kenal kurir jadi barang sering sampe cepet banget, terus emang habit aja banyak kabitanya huft.) yang aku list dibawah ini adalah produk2 yang (buat aku) ga terlalu penting penting amat, apalagi aku juga suka numpuk, beli in bulk karena tergoda cashback atau harga grosir (yang mana ditentang sekali sama minimalism)

mari ngaku dosa dulu

FASHION ITEMS : selama 11.11 12.12 dan natal taun baru. aku beli hampir 20 baju, 7 celana, 2 rok, 6 sepatu, 4 anting belom termasuk sebelom2nya (Ini kebanyakan, gak terlalu dibutuhkan, dan karena online beberapa gak muat dan gak bagus di badanku, suka gak sadar diri badan ku pendek. huah!

sepatu pun, aku padahal pakenya sendal terus, jarang banget pake sepatu yang fancy2, apalagi heels. omg
 kalo ditotal fashion items yang mubazir sekitar 10 dari 50 atau 60 yang aku beli dalam kurun waktu 3 bulan saja. that's crazy.............................................

MAKEUP : oke this makeup thing. since i'm a makeup artist, so it's pretty much challenging for me to decrease the amount of "trial and errors" purchase. ya wajar dong, kan akunih mau yang lebih bagus terus buat klien ku. ga salah dong? apalagi dengan kualitas yang lebih bagus dan harga lebih murah......

salah. kalo belinya pas yang lama masih ada, dan belinya tanpa riset dulu. for the sake of a review? NO NO NO NOOOO.

SKINCARE : nah ini. kalo urusannya sama skincare, rasanya aku ga pernah puas sama hasil yang udah ku dapetin. gonta ganti sih ngga, malah aku baru coba CTMP kan, dan laneige yang travel size isi 4 itu aja gak abis2, belom sama serum, toner, dll yang emang sih dipake tiap hari tapi muka lo seberapa lebar sih sampe abis cepet banget (kecuali sunscreen yang emang kudu banyak banget)

ya kecuali kamu bermuka dua, yang 1 kering yang 1 minyak, boleh lah :D
tapi kebanyakan sih aku belom abis rasanya udah gampang tergoda buat nyoba yang baru, ntah cocok ntah nggak. dan sekarang, beli share in jar saat yang lama  masih ada juga dosa.

OTHER THINGS : such as lens cleaner for my camera, i dont even know how to use it. sisir buat hairdo, alasannya nyetok takut hilang. kuas makeup, alasannya karena buat bedak ga ada cuman 1 padahal bisa pake yang laen.


ah sudahlah. sekarang kan mau berubah akuteh ini astagaaaaaaaa. mari kita list!
barang2 yang ga perlu2 banget dibeli versi inez!

1. Baju model terbaru
well, fashion is changing as always, but your need doesnt. kebutuhan kita kalo udah umur 23-27 tuh kurang lebih sama, kecuali emang berubah drastis banget misal sebelumnya kerja jadi wanita karir, terus nikah dan diem di rumah ya ga bakalan pake baju2 kerja sering2 banget kali ya.... kalo selera juga udah umur segini mah ga bakalan beda jauh deh berubah2nya. ngikutin fashion bakalan buang duit doang, coba deh, nanti juga ujung2nya yang dipake baju lama, itu itu lagi. kalopun beli segambreng kaya aku, yang dipake nanti bakalan 2-3 doang.

lebih baik beli baju yang bener2 kualitas nya bagus, dan modelnya longlasting, yang basic juga jadi bisa di mix and match dari pada beli baju murah murah tapi baru 5x pake udah jelek, belel, berbulu, jadi kalo diitung2 ya selain lebih enak dipake nya juga, masa pakai lebih lama lebih irit deh. dan biasanyaaaa yaa.. biasanyaa.. baju yang kualitasnya bagus, keliatannya juga bagus dipake.

model basic ga jadi patokan sebenernya, asalkan cukup netral buat di mix and match.

2. Makeup untuk coba2
ini godaan terbesar para ciwi ciwi (yang emang doyan makeup) karena munculll terus yang baru, belom lagi di bikin hype sama influencer, either beneran bagus atau ngga, intinya bikin kita pengen beli itu produk, wajar, marketing namanya juga. tapi itu ga perlu kan sebenernya? cuman penasaran aja. kalo ga cocok, jadi sampah deh. jadi rugi deh. ya sebenernya itu bisa dicegah kan?

daripada beli makeup buat coba2, sebelum dibeli, coba di pastikan dulu. barang lama masih ada ngga? cocok ngga pake barang lama? pertimbangan ganti nya apa? udah riset belom? coba sabar dulu tunggu banyak yang pake dulu sebelum kita kecele (hey dont blame me, minimalism adalah pilihan, banyak orang yang ga bisa, dan yaudah  hahaha)

semacam eyeshadow, mending beli palet2 warna standar aja, kalo mau rosy2 akalin pake blush on, nyari warna transisi coklat2an yg matte? pakelah bronzer atau shading. nyari blush on cream? lipstick bagus bangetttt awet dan pigmented. kreatif aja, kalo kepepet biasanya tau2 jadi cerdas kan wkwkwkkw

3. oleh oleh
ini agak kontroversial sih, cuman sebenernya budaya oleh oleh ini agak rancu sih, buat apa? "ga enak"? atau  karena sayang, karena apa gitu? kalo keluarga inti sih beliin aja ya, emang keluarga inti. nah kalo temen bergeng geng? beda2 geng? ada 10 orang? beliin semua? 

kan kita keluar negri juga either jalan2, atogak kerja. oleh2 semacam bikin tensi dan tekanan untuk belanja, beliin apa ya buat si anu, kalo ini suka ga ya? ini bagus tapi mahal, ah yaudah deh, siapa tau dia jalan2 kita dioleh2in juga. dst.

well, aku tak mau terjebak ke dalam jurang itu, dan aku sih ga ngarep juga dapet oleh2, kalo emang sekalian mending nitip aja, kita bayar, sama2 enak, hubungan baik juga, yg lama ga kontekan jadi kontekan. kan cihuy.

4. Tas model terbaru
karena versi inez, aku jadi ga akan beli tas baru lagi. kenapa? satu, karena aku ni bukan tipikal yang doyan gonta ganti tas. sekarang aku pake tas povilo yang gedong bingit, kadang2 nyusahin sih, tapi semua pretelan muat disitu, sampe payung, baju ganti, botol minum, novel, power bank, semua makeup2, handuk juga muat. gilew.

what you might need : 1 everyday bags (opt : ransel, tote bag, tas cantik tapi bisa di selempangin atau di ketekin) 2. really convenient backpack : bisa yang everyday bags, bisa yang beneran muat banyak banget, bisa buat nginep, bisa buat lagi acara bawa barang banyak

5. Minuman
minuman ini konteksnya di cafe. yang aku lakukan sejak jaman jebot adalah, BAWA MINUM SENDIRI. selain aku harus minum 3liter sehari (kalo kurang suka aneh2 nih badan) lalu yaa.. karena aku masih kategori sobat miskin, dan minum di cafe itu harganya 75% dari makanan (which doesnt make sense for me) so yeah, i bring my own bottle, and save a freaking loads of money by doing that. selain itu juga baik buat lingkungan juga toh?! plus plus lagi dah tuh...

ada down sidenya sih... berat.......

6. Aksesoris
beli lah aksesoris jika dirimu suka pake aksesoris. i stop buying this because in my case, I DONT ACCESSORIZE myself anyway! aku bukan tipe manusia pemakai gelang, yang suka gonta ganti anting, atau pake kalung biar gaya. well aku punya 1 anting emas yang ga akan aku copot karena aku cuma bisa pake anting emas, tapi aku beli 3 anting abal2 yang gede2 banget itu 2 biji mirip, dan 1 lagi anting mutiara yang gede banget ntahlah bakal dipake apa ngga BZZZZ

kalung sih masih suka ya cuman aku emang dari dulu ga pernah pake kalung, tapi minjem ke nyokap atau adek2 ehehehehe

kalo kamu suka, simpen lah beberapa 

7. Classic novels.
jeez. i am a book worm, but classic novels are not my things, but i buy it for my OWN pride. kaya seneng aja punya wuthering heights, romeo and juliet, khalil gibran. i'll never never never gonna read those books. ngerti aja nggak, mana bahasa inggris tingkat dewa kudu konsen dan pake kamus kemana2. ottokeeeeee. stick to sherlock, Inez!

sebenernya aku bakal stop beli semua novel baru sih. i'll buy secondhand, lebih murah. dan itu juga dengan segenap pertimbangan, apakah bakalan dibaca, atau menumpuk seperti puluhan novel yang dilabeli : bought, not read ?!!!!!!!!

well, thats all the thing i stopped buying. mungkin ada yang bisa kamu tiru, mungkin juga ngga. intinya sih, pikirin lagi mana yang diperluin mana yang dipengenin, karena dengan membagi kategori itu, kita ga cuman kasih kontrol ke diri kita, tapi menghemat duit juga, terus buat lingkungan juga yaa secara gak sadar. 
satu lagi, semakin sedikit barang yang dipunya, aku ngerasa lebih bersyukur aja karena dengan 1 barang bisa memenuhi kebutuhan aku dan nemenin aku sehari2.

semoga bermanfaat ya, kutunggu sharingnya!!

You May Also Like

0 komentar