how to mingle with those rich friends while you're not

by - 21.04

Photo By Nathan DUMLAO


Buat yang kenal aku, pasti tau banget aku nih orangnya super ekstrovert, butuh banget yang namanya meet up meet up. nongki cantik dan haha hihi sama temen.

semenjak bulan oktober kemarin aku udah gak kerja full time atau digaji lagi so aku ngandelin job makeup dan hairdo aja. dan nominalnya bisa dibilang agak jauh dibanding yang pas digaji sih, so... aku harus pinter2 bagi2 uang, apalagi aku juga lagi mau rombak lemari banget karena aku udah bosen sama lemari aku dan butuh make over, umur udah ga abg lagi, baju nya udah ga banget. terus banyak baju2 lungsuran juga yang emang masa pakainya udah abis. dan di 2019 ini aku udah kepengen banget punya style baru, dan setelah ditimbang2, emang udah gak memungkinkan pake "stok" baju yang ada sekarang, ga semua di keluarin tapi emang harus ada rasa baru. jadi bener2 harus ngidupin diri + belanja + tetep keeping up with my buddies' life. apalagi waktu freelance (ALIAS NGaNGgUR) ini pas banget buat catch up sama temen2 lama, yang sama2 freelance, lagi kuliah ataupun usaha sendiri yang biasanya pada kosongnya weekday.hehe

and for the title, aku selalu ingin merasa bahwa aku tidak sekaya orang lain, jika aku ikut pergaulan (apalagi di jakarta yang huaduh banget) uangku bakalan abis ga bersisa dan ga bagus aja buat mental.


ah sudah lah
langsung saja.

OH YA DISCLAIMER. aku mencium aroma kontra sih, tapi ya, im sharing what im living. hahaha

1. BUY THE CHEAPEST, OR NOTHING AT ALL

kalo nongkrong, mostly sih ke coffee shop, ke cafe, restoran, minimal mall lah. dikate di mall kagak laper mata yeeee. duh aku bukan tipe anak nongkrong kang ngopi, karena aku ga bisa minum kopi so saddd:( asam lambung ku sudah akut gara2 kebanyakan MAKAN MIE. dengarkan berbi.

dengan range harga cafe yang minum aja bisa 40% harga makanan, aku sih terbiasa buat bawa minum dari luar. kalo dilarang ya paling curi2 aja. kalo ngga ya keluarin nya jangan di resto nya, pas jalan kek, atau pas udah kelar makan. (ini salah satu kebiasaan dari kecil, pas kuliah aja temen2 pada beli, eke bawa sendiri botol minum 1 liter hehe diketawain tapi jadi irit dan minum tetep banyak)

nah kalo di coffee shop? trik jahanam eke sih. bawa tumblr starbucks sendiri, isi aer putih HEHEHE kalo emang gengsi kelyan tinggi banget ya gais. jadi kalo ditanya lo psen apa nez, ngga gw udah.
iya bilangnya udah aja.
bukan udah pesen, tapi udah ada minum sendiri hahahahahah ya abisnya ku bener2 ga bisa terima uang 50rb cmn buat kopi. kalo emang mau ya mending seduh kopi nikmat atau kopi liong, udah jelas kopi asli dan murah dan enak. jossssss. taro di tumblr starbucks itu hahaha.
emang effort awal sih beli tumblr starbak yang mahal banget itu, tapi kalo cari di tokped ada sih yang harga nya 100rbuan aku jg ga gitu ngerti bedanya apa dan gimana....
jangan lupa tanggal 22 diskon 50% pake tumblr itu kalo kali2 pengen ngerasain bedanya kopi starbak sama kopi liong.

makan tuh gengsi. isinya cuman aer putih, bawa tumblrnya berat2.

2. come later

trik lain sih datang belakangan, makan aja dulu di rumah so you don't have to order anything, just let your rich friends do the order. mentok2 juga kalo kamu pengen mending sharing dan bilang udah makan dan bawa minum jadi tinggal sharing cemilannya. yaa. seengganya lebih murah toh? kan aku juga nongkrong disana berjam2. cengli lah! hahahaha

3. i used to be the lowfashioned chick.

yes. i don't dress myself, meanwhile temen2 ku kalo jalan tuh cakep2, belanja ke tempat2 yang (dulu) aku belom bisa beli karena uang nya buat modal dagang hiks.
but then, ku akhirnya mencari cari sendiri toko online  yang jualan baju tanah abang dengan kualitas dan model kekinian.

dan aku coba browsing adn nonton youtube, ya how to be stylish, dan akhirnya landed to a new terms :WARDROBE CAPSULE.
it's basically decluttering you wardrobe and stick with basics. jadi kaya cuman kaos putih 1, kaos garis2 1. blazer atau puter 4 biji, celana 5 biji, atasan fancy 2, dress4-5 doang sama sepatu palingan 3-4. mungkin di sana mah harus mikirin musim ya, kalo di indo lebih enak sih, lebih fleksibel pula sebenernya. aku ga bisa ngikutin sih, cuman jadi punya konsep. kalo mau gaya, gausah beli baju baru juga, coba permak yang ada. di mix and match, kalo perlu beli, look at this POST to see how i save even more money with my shopping habit (THAT NEEDS TO STAHP).

i was in that place where i was the one who dress so badly, people look down on me because of my wardrobe. and most of my friends use designer bags, heels everywhere, makeup on, and of course, fabulous clothing. while i just got 2 unbranded bags, baju2 lungsuruan dari cici, mama, atau baju lama yang emang ternyata bukan keluarga ku yang ga ngingetin, tapi emang aku yang gak sepeduli itu sama diri sendiri, kalopun beli, i dont know what to buy....

tapi ya itu, akhirnya triknya adalah cari yang emang looks good, feels comfy, and affordable price at the same time. ga perlu branded as long as u look good. tapi usahakan ada kualitas juga yah, cuman aku sih beli baju tanah abang 30-100rb ampe sekarang masih awet tuh.
dan ya itu, capsule wardrobe. ga perlu banyak2 tapi di mix and match. wajib punya beberapa baju yang unik, ngejreng atau kekinian supaya ada bumbu bumbu nya hehe.

ingat, tas ga usah banyak2. cukuplah 1 ransel, 2 tas sehari2 dan 1 tas pesta. buat tas sehari2 dan ransel ku cenderung beli yang bener2 bagus kualitasnya supaya awet. kalo emang agak mahal, it's oke lahhh nabung dulu. kalo tas pesta mah gpp lah murah2 lagian ga tiap hari mesta ini kan?!

buat sepatu, wajib banget punya 2 heels, 1 sneakers, 1 sepatu olahraga, 2 flats, 1 sendal jepit. aku sekarang sih pake chunky heels kemana2. dia kan heelsnya kotak gede, jadi gak pegel. masih kuat kok berdiri di kreta 1 jam hehehe aku tuh crankyan banget soal heels. jadi ga akan kuat pake stiletto atau yang heelsnya lancip2, nyiksaaa. mending beli yang nyaman dan bisa dipake sehari2 dan ke pesta. jangan lupakan aksesoris ya sesuai kesyukaan kelien....

4. manfaatkan promo yang ada

pakelah semua emoney yang lagi naik daun, jangan lupa cari kode referal nya biar dapet saldo tambahan atau bonus tambahan. pake lah jenius supaya bisa isi saldo gratis (saldo min 1 juta) dan cari2 lah info sebanyak2nya kalo mau nongs, apa dia terima ovo, gopay atau debit. debit apa yang promo, promonya berapa, cashback berapa, bonus apa, poin apa blalalalala. rata2 sign up nya semua online based dan GRATIS. malah kalo buka dan masukin uang nominal tertentu suka dapet hadiah heboh, voucher lah, cashback, dll. contohnya (OVO, GOPAY, JENIUS, PERMATA ME, DIGIBANK, DANA)

ini sih pembiasaan ya, kalo eke rajin banget nyari ginian jadinya kalo nongkrong gak rugi2 banget.

oyah kalo belanja di ecommerce juga termasuk kalo mau belanja dan gaya (poin 3)

sekarang juga di shopee, tokped, grab, gojek juga jual voucher kan bisa dituker pake poin atau bayar nya lebih murah. meskipun kebanyakan di kota besar seperti jakarta bandung surabaya sih. tapi, coba deh iseng cari2 daripada scroll instagram mulu kan (UPS)

ini termasuk sama ongkos, jangan males pake kode promo atau voucher. cek di notif, cek di my voucher, kan suka jauh banget. kemarin harusnya ongkois ku 18rb, gara2 pake kode promo di grab (GBPAKEOVOLAGI) diskon nya 15rb jadi cuman bayar 3 rb. geblek kan. buat sobat misqueen mah 18rb lumayan bangetttt hahahahaha

sekian tips ngirit pelit dari aku. mudah2an setelah baca ini, kita insan2 misqueen dapat bergaya sedikit borjuis tanpa melupakan : MENABUNG, KASIH ORTU, dan bayar WAJIB (sesuai agama masing2)

ya begitudeh. jaman sudah berubah, kudu pinter2 ngelola duit dan cari  trik2 begini biar tetep stabil kehidupan berbangsa dan bernegara flower ini. 
see you on the next post!

You May Also Like

0 komentar