why i chose sony mirrorless over fujifilm?

by - 03.35

disclaimer : 
1. never had any dslr camera dan sebelum2nya pake camdig casio zr1200 ajah
2. not having any interest in photography nor background in photography but i do know F/Ss/wb.
3. i bought this for my makeup carrer so my makeup will be more visually attractive
4. do not have ANY preference between canon, sony, fuji, nikon, etc mirrorless camera

siap2 dihujat netizen sih. tapi ini kan AKU lagi SHARING ya wkwkwk

jadi begini. setelah 2 tahunan aku akhirnya mutusin buat beli kamera mirrorless, sebelumnya aku pake casio zr 1200 dan honestly rasanya kurang banget untuk foto beauty, bukan masalah efek beauty nya, tapi lebih ke detail makeupnya sih, dia nih rada jago kandang, bagusnya di beberapa spot di  rumah aku doang, kalo dibawa ngejob udah deh baaaaay jelek aje. white balancenya ga enak diaturnya dan ngatur shutter speed dan bukaannya terbatas banget. aku udah coba beli ringlight juga tp emang yang murah bukan yang pabrikan karena alesan efisiensi sih,  aku ga kuatan orangnya jadi milih yang enteng, tapi ternyata MASIH belom cukup, emang ada harga ada kualitas. tapi posisinya juga aku ga mau yg pabrikan juga karena beratt banget, lalu aku ngerasa mirrorless itu SUPER MAHAL dan cuman mimpi aja kalo aku bisa beli. sbnrnya banyak hasutan2 untuk ga beli seken, karena minimnya pengetahuan aku soal kamera, ini barang "beda" jadi harus super hati2 dan jangka panjang juga kan, bukan tipikal orang yang butuh ganti2 kamera, kecuali makeup, jelas dipake terus dan aku reviewer gituh harus update dan upgrade barang terus wkakakaka

but then, aku baca d facebook ad yang nanya soal kamera, bagusnya mana untuk makeup dengan harga yang ga terlalu mahal. lalu senior ada yang jawab

mau murah canon, tapi gak detil
mau detil banget pake sony
kalo fuji jadinya lembut, yang bold jadi natural

hm. aku bukan fans fujifilm. kenapa? karena pernah juga baca di postingannya arman armano. he wrote (intinya sih begini ya ) awalnya doi ga tertarik pake mirrorless karena dibanding SLR yang jelas detail dan warna lebih real sesuai aslinya , tapi ternyata netizen lebih suka sama foto yanjg smooth, kinclong, dan licin ala mirrorless.

kemudian ada postingan ke 2 JAUH setelah itu, fotonya di grid kiri kanan yg 1 pake mirrorless canon 6d (INI AJA UDAH MAHAL BGT BOS) sama fuji xa 2 dan rata2 netizen sukanya ya xa 2 yang jelas lebih smooth dan flawless, yang pertama detail, exposure dan contrast lebih real.

ya begitulah netizen, sukanya yang bagus2. tapi g salah juga, kita bidangnya kan visual bos, apa yang mau dijual kalo jelek? but somehow, i find that fuji is way too porcelain. kalo buat outdoor, i love ittt. warnanya vibrant dan clear.

but WHY i finally chose sony a5000? pertama sih karena harga, aku nemu yang jual seken, masih bagus, dan udah ada lensa fix nya meike 1.7 35mm, gak kit lagi. kedua, nena, a friend of mine, a photographer kasih rekomendasi sony aja, karena lebih editable. karena foto itu PASTI di edit karena mata kita, mata kamera, dan LCD kamera dan hape itu beda2, jadi pasti diedit karena edit itu hal yang wajar kalo cuma naek turunin tone aja,asalkan gak ngedit idung pesek jd mancung, paha gede jadi kecil.
kalo fuji, udah vibrant dia, too bright jadi not edit friendly, but then autonya emang bagus, tapi gak detail. lu mau makeup kan? tunjukin dong detailnya makeup lu, kalo fuji susah, banyak bias cahayanya, tapi kulit jadi bagus luar biasa.

lalu ada mas andre dari DSRD studio tempat ku suka makeup prewedding, dia sony holic banget, dia pake sony 63 jt :(( ommo. tapi intinya dia blg, dia udah coba berbagai macem kamera, ttep sony menurut dia paling bagus. detailnya dapet. karena kalo mau muka mulus, edit aja bikin mulus. itu yang fuji lakukan, intinya distribusi cahayanya beda gitu deh.. jadi fotonya bakal lebih eye catchy banget dibanding canon ato sony.

aku orgnya emang jor2an aja sih, emang masih belajar, jadi yaudah lah harus mau di koreksi dong? harus detail dong? bukan sekedar bagus visual aja, tapi aku harus mau "dikecewakan" sama hasil fotonya karena itu berarti makeup aku juga ada kesalahan :( that's why aku ga pilih sony.

dan aku juga pake semua manual sih, kenapa? ya BELAJAR dong. ini harus jadi ajang belajar juga sih menurut aku, ga cuman jadi modal visual semata. dari ga ngerti apa2, aku sekarang udah bisa otak atik kamera, belajar variasi2 lensa baru, teknik2 motret, yang mgkn ga aku dapetin kalo cuma pake mode auto. aku juga belajar penempatan cahaya, lalu disesuaikan sama ss, ap, iso nya.

perdebatan fujifilm vs the others kelar.
sekarang canon vs sony

yang jujur aja, each of them has different characteristics and preference. tapi jujur aja sih, so far liat hasil kamera canon emang lebih real mendekati warna asli, sementara sony harus sedikit di oprek. sony lebih cocok untuk foto produk, ato pemandangan sih menurut aku. kalo canon ke kulit orang lebih friendly, ga perlu banyak otak atik.

taPiH . sony bagus bgt kasih efek yg detail, tapi harus pinter2 atur cahaya supaya bener2 represent mata kita.

but then, it's up to you.

well.
nanti si newbie ini mau coba2 review kameranya ah ya ......

You May Also Like

0 komentar