kupas tuntas ringlight handmade vs pabrikan

by - 23.06

setelah sekian lama, berpikir tidak perlu lah ringlight2 itu, malah beli yang hape yang kecil itu, terus ilang, ga tau lagi deh hahaha *bego
as we know, harga ringlight yang pabrikan cina itu sekitar 1,5- ada yang 5 jutaan. tau lah pasti olshop yang hits2 itu, mau po sendiri juga bisa di shopee dari cina langsung tuh.
kalo di indo sih setau aku start 1,8 ya mostly orang jual 2jt, 2,2 segituan.

tbh, kalo buat aku, segitu gak kebayar. aku kan jobnya belom rutin dan bayaran juga belum gede-gede banget, jadi kalo mau harus nabung (lumayan) lama. dan mulai juga kan bermunculan ringlight ala ala handmade yang hargana start 200rbuan loh owowoowoow.

in short, aku beli yang ringlight handmade dengan berbagai pertimbangan

kelebihan ringlight handmade:
1. lebih murah - harga berkisar 400 500rb udah sama tripod dan tas (belom dimmer)
2. lebih enteng - aku pake gojek kemana2 udah ga mungkin bawa 2 tas hairdo, beauty case, dan 1 ringlight yg gedong bgt
3. lebih kecil - sudah kubuktikan, sama ringlight temen aku yang punya ringlight 2jutaan

tapi. u get what u pay.
aku udah coba beli di yang klaim dia punya PREMIUM, dan finishingnya glossy or something. indeed gw jadi ngarep dong yak. jeng jeng jeng, pas dateng.....
ya elah...
pake triplek, pake cat tembok mana masih bau bgt catnya, ngakunya premium.. kaya nyesel sih belinya, bikin sendiri lebih bagus keknya si bokap, lebi rapi dan lebih "premium"

HUAAAAAAAAAAA. makan tuh premium..

segitu, aku udah coba cek sih di olshop lain yang jual ringlight handmade / homemade sejenis. ya elah, lebih parah... belakangnya kardus lah, terus asal bgt buatnya, dililit2 pake alumunium foil, ya aneh deh.

ada lagi yang pake lampu neon buled.. ga kebayang sakit nya itu mata. hasil foto sih ya jelas ya.. bagus2 aja... cuman ya gitu, rentan patah, ga enak diliat juga, tapi lg hits banget sih parah.. cuman ya gitu, kl neon biasa juga mending bikin, bener2 ga pake effort dah kalo itu.. yang aku beli ini harganya
ringlight + tripod 410.000, tas nya aku pisah belinya di olshop lain harganya 80.000 doang aku lupa deh, tp beli di shopee. paling murah dibanding tempat lain yang harganya 125-200ribu. jauh banget kan? jadi total 490 ribu tapi ringlightnya ga pake dimmer, karena kalo pake dimmer harganya nambah 120rb, dan menurut ku kurang worth. toh bs diakalin pake diffuser handmade lagi lebih murah, dan dia ga bs ada tambahan holder HP karena holder U nya ya buat si ringlight, jadi bener2 akal2 si penjual aja. pinter sih, harus di apresiasi.

here's the details
ini alasnya, keliatan kan mure nya

DIY RINGLIGHT HANDMADE
detail lampu led yang dililit2 nya terus ditaro di holder U nya tongsis. kreatip



ringlight handmade murah
kalo nyala, bagus2 aja koks 

bokap bikinin dimmer, emang untung tukang ngoprek. love ya papitos



tas ringlight murah
Ini tasnya 80.000 super worth

see masih muat banyakkkkkkkk
ya memang dipikir2 aku cukup seneng sebenernya dengan harga segitu, walaupun banyak peernya, tapi udah bisa dapetin ringlight ini, karena kamera aku juga ga bagus2 banget sih, dan belom ada budjet beli mirrorless juga, jadi harus maksimalkan apa yang ada deh, beli ringlight bagus juga belom ada duit hemmmmm

bikin kaya gitu ya peer, ga bisa 1 2 hari, mager bgt, ngantor juga kan jadi boro2 bisa beli2an deh.

jadi dia nih dibikin dari led strip yang ditempel di alas, nah alasnya ini yang beda2. kalo yg murah bgt itu biasanya alasnya cuman dari kardus, jadi kalo basah, bisa letoy, kalo aku nih triplek, ya lebih firm sedikit lah biar looknya ya gitu deh.. dan yg punya aku ini bau cat.. kesel banget....
tripodnya pun kualitasnya. aduh-_- jelek BANGET.... tapi tetep, yang penting bisa dipake, gitu kan?

buat yang duitnya memang ada, dan niat beli yang bagus, belilah, investasi. kalo yg budjet mepet BANGET kaya aku gini, ya puas2in pake si ringlight ini. karena toh. dia tetep lebih murah, lebih enteng dan lebih kecil :)

coba kalo pake ringlight yang jutaan, SUPER REMPONG, gak bisa dibawa2, dan BERAT. hayati lemah kakaaaaa.... masih bergojek ria, belom mobil2an terus :" , itu aja udah kepenuhan,, kalo si handmade ini ya makan tempat JAUH lebih sedikit dibanding si yang mahal. hahaha jadi masih bisa dikondisikan lah.. tripod nya juga karena yang murmer, makanya enteng juga, dan tasnya masih ada muat2 gitu aku jadi gak perlu bawa tas buat barang2 pribadi aku. super lumayan kan :)

pengalaman temen aku juga dia punya tripod tapi gak pernah dipake juga, karena bisa 2 -3 kg, kl tripod aku enteng bgt paling 600gram wkwkwk ya wajar lah emang mure

ini hasil foto pake ringlight handmade nya. so far masih foto produk ya, soalnya pas foto klien ada ringlight dari sana yg mahalnya, waktu dapet klien, ringlight handmadenya belom sampe..


hasil foto ringlight handmade

hasil foto ringlight diy

hasil foto ringlight homemade

hasil foto ringlight murah

lumayan kan?
tp in the end. urusan ini kaya balik lagi ke kebutuhan
aku jabarin yah

beli ringlight handmade kalo

1. ga ada budjet
2. ga peduli sama look
3. ga ad waktu bikin
4. kemana2 pake motor ato gojek
5. mobile

beli ringlight pabrikan (yang jutaan) kalo
1. punya budjet
2. butuh hasil yang perfect
3. tidak mobile
4. kalopun mobile, mampu dibawa2 (ada mobil, ada asisten) 


but i highly recommend, just make it by yourself if u have time.. banyak kok tutorialnya di youtube.. akal2an kita aja nyatuinnya, jauh lebih murah paling abisnya cuma 150-250 doang, puas lagi bikinan sendiri. wekeke

mau beli? cari aja toped ato shopee, bukalapak, ringlight handmade.
JANGAN TERTIPU KATA PREMIUM, EKSLUSIF, whatever. i'm not telling where i bought this ya hueehehe u'll find out anyway.
tapi untuk orang2 seperti aku yang jelas
1. (SOK) sibuk
2. ga ada kemampuan prakarya
3. ga mau nabung buat ringlight (nabung beli emas dong)
4. suka yang enteng2

tips kalo beli
1. make sure spesifikasinya yang dikasih, misal diameter, besar watt
2. bandingin harga, beda harga bisa jadi beda di alas, ada yang kuat, ada yang kardus
3. kardus super duper enteng, triplek agak berat dikit
4. kalo bisa pake dimmer ajah (harus yg LED friendly yah)
5. tas ringlight ada kok yg harganya 80.000 beli terpisah aja, rata2 dijual 130-200 itu lumayan bgt bedanya kan cek gambar diatas
6. cek lagi tripodnya, pake tripod apa ngga, jangan2 cmn pake gorila pod lagi yang pendek banget itu. beli sendiri aja 20rb palingan huh.

sekian terima gaji



updateeeeee
Holder U nya udah mo rusak lagi. Gatau dah salah w dmn. Kayanya kekecilan deh.. Kzl...


Updatteeee

Ini perbedaan ringlight mehong sama yang handmade. Cuman so sorry ya, agak sedikit beda dipencahayaan belakangnya, jadi untuk yg handmade, itu pake cahaya matahari, ruangannya terang, lampu gak nyala. Kalo yng handmade pabrik pake lampu biasa di atas..

Ringlight handmade full cahaya

Ringlught handmade cahaya agak redup
Ringlight 2jutaan cahaya agak redup

Ringlight 2 juta cahaya full

You May Also Like

0 komentar